res

Ketua DPRD Himbau Deklarasi Damai Jangan Hanya Seremonial Belaka - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Dirgahayu HUT Kemerdekaan RI ke 79

Breaking

07 Oktober 2023

Ketua DPRD Himbau Deklarasi Damai Jangan Hanya Seremonial Belaka

 


Dompu,NTB- Cakrawala merdeka online,!Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menggelar kegiatan Deklarasi Pilkades Damai pada hari Rabu (4/10/2023) lalu. 


Kegiatan yang berlangsung di Aula Pendopo Bupati Dompu itu dihadiri oleh seluruh Calon Kepala Desa dan Panitia Pilkades dari 33 desa di Kabupaten Dompu yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2023 ini. 


Deklarasi Damai berisi 4 poin itu diwujudkan dalam bentuk pengucapan ikrar bersama yang dipimpin oleh Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan diikuti oleh seluruh Calon Kepala Desa. Ini selangkapnya :


Deklarasi Pemilihan Kepala Desa Damai Tahun 2023 


Kami yang hadir di tempat ini hari Rabu tanggal 4 Oktober 2023 menyatakan : 


1. Siap menyukseskan pelaksanaan Pilkades Serentak di desa se Kabupaten Dompu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai, aman, tertib, demokratis dan bermartabat demi kemajuan 

dan kesejahteraan masyarakat desa;


2. Siap berkompetisi sebagai Calon Kepala Desa dengan menjunjung tinggi kejujuran, sportivitas, dengan mengedepankan sikap santun dan damai, menghindari unsur SARA serta tunduk terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku; 


3. Siap terpilih ataupun tidak terpilih serta siap menerima hasil keputusan dari seluruh proses tahapan Pilkades; 


4. Siap menerima dan mendukung terhadap siapapun Calon Kepala Desa yang terpilih secara sah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. 



Usai pengucapan ikrar dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi  Pilkades Damai oleh para Cakades. 



Ketua DPRD Kabupaten Dompu, H. Andi Bachtiar yang menjadi salah satu pejabat yang memberikan pembinaan kepada para Cakades dalam kesempatan tersebut menegaskan Deklarasi Pilkades Damai ini bukan hanya bersifat seremonial belaka. Namun ini adalah upaya pemerintah untuk terwujudnya perdamaian dalam pelaksanaan Pilkades Serentak sehingga berjalan dengan aman, damai, sukses dan lancar.


"Saya tidak ingin deklarasi damai ini dianggap kegiatan seremonial saja," tegasnya.


Andi sempat menyoroti pula dalam pelaksanaan deklarasi damai itu. Para Cakades di setiap desa duduk berpencar-pencar. Menurutnya perdamaian sesungguhnya bisa dilihat dari tempat duduk masing-masing dengan cara berdampingan antar Cakades dalam satu desa.


"Saya membaca secara ilmu psikologi bahwa perdamaian belum diperlihatkan oleh para Calon Kepala Desa. Saya tidak melihat keseriusan saudara-saudara melakukan deklarasi damai ini. Karena saya tidak melihat bapak-bapak duduk berdasarkan desa masing-masing," tegasnya .


Ditegaskan Andi, perdamaian 

harus berangkat dari hati dan masing-masing. Meyakini bahwa Allah menurunkan Manusi di muka bumi ini untuk menjadi Khalifah ( pemimpin), dan  sesungguhnya segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini termasuk menjadi seorang pemimpin adalah sudah menjadi ketentuan Allah SWT, ujar Ketua DPRD Dompu.


"Siapa yang akan menjadi pemimpin sudah menjadi kehendak Allah SWT," ucapnya.


Andi kemudian membacakan Firman Allah dalam Al-Qur'an Surah Ali Imran ayat 26 yang terjemahannya bahwa Allah yang memberikan kekuasaan kepada yang dikehendaki-Nya dan mencabutnya dari orang yang dikehendaki-Nya. Selanjutnya kepemimpinan akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT di akhirat kelak.


"Kullukum ro'in wa kullukum mas'uulun an ro'iyyatihi (setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya)," jelas Andi menyebutkan salah satu hadits shohih yang disabdakan Rasulullah SAW. 


H.Andi,  mengatakan ,; hari pemungutan dan penghitungan suara telah ditetapkan oleh Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Dompu pada 23 Oktober 2023. Sedangkan tahapan kampanye ditetapkan selama 3 hari, yakni 17-19 Oktober 2023. (Zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar