res

Rapat Kegiatan Jam Pengarahan Pimpinan, Rakor Apel Gelar Kesiapan Pangamanan dan Panandatanganan Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Dirgahayu HUT Kemerdekaan RI ke 79

Breaking

07 November 2023

Rapat Kegiatan Jam Pengarahan Pimpinan, Rakor Apel Gelar Kesiapan Pangamanan dan Panandatanganan Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024

 


Dompu Cakrawala merdeka online,!_

A. Pada hari senin pukul 09- 00_6_ Nov -2023 Bertempat di Aula Makodim 1614/Dompu jalan A yani Kel, Dorotangga kec, Dompu Kab, Dompu telah berlangsungnya kegiatan Vidio Konferensi

Jam Pengarahan Pimpinan, Rekor Apel Gear Kesiapan Pangamanan dan Panandatanganan Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2004 Oleh Pangdam IX Udayana bapak Mayjen TNI Harfendi S.I.P.,M. Sc Dengan seluruh Dansat Jajaran se Kodam IX Udayana. 

B. Hadir dalam kegiatan tsb :

1. Dandim 1614/Dompu letkol Kav Riyan Oktiya Firajati S. T. M. M. 

2. Pasi Ter Dim 1614/Dompu Kapten Inf M. Yamin. 

3. Pasi op Dim 1614/Dompu Kapten Inf Adisan. 

4. Pasi pers Dim 1614/ Dompu Kapten Czi Arif Budimansyah 

5. Danramil 1614/03 Kempo Mayor Inf Safi,i.

6. Danramil 1614/01 Dompu Kapten Kav M. Kasim. 

7. Danramil 1614/06 mabggelewa Lettu Inf Syaifuddin. 

C. Rangkaian kegiatan

a. Pada pukul 08,50 wita Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Firajati S.T.M.M. beserta perwira staf dan para Danramil memasuki Ruang Aula untuk mengikuti Jam pimpinan melalui Vidio Konferensi. 

b.pada pukul 09,00 wita Jam Pimpinan Pangdam IX Udayana Bapak Mayjen TNI Harfendi S.I.P.,M. Sc. lewat Vidio Konferensi kepada seluruh jajaran Kodam IX Udayana di mulai.

c. Penyampaian Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Harfendi S.I.P.,M. Sc. yang intinya :

1) Untuk menghadapi tugas-tugas kita sebagai anggota TNI kedepan untuk menghadapi pemilihan umum tahun 2024  tentunya ini sangat sensitif sekali dengan tugas-tugas kita di satuan Teritorial. 

2) Kita bersinggungan selalu dengan masyarakat kita selalu Berhadapan dengan kelompok-kelompok tertentu 

3) Kita bersinggungan dengan partai-partai tertentu nah disitulah kita tentu saja  harus bijak dalam bersikap kita mempermanis apa yang disampaikan oleh pimpinan kita namun di lapangan kadang-kadang dinamikanya berbeda kalau disampaikan netralitas itu udah jelas apa itu isi integralitas tidak perlu saya ulangi satu persatu tetapi kondisi-kondisi ini di lapangan kadang-kadang berbeda. 

4) Ini dasarnya adalah adanya rapat koordinasi pengamanan yang dilakukan di tenda dan disampaikan di situ tidak diperbolehkan di lokasi kegiatan adanya peraga tanda gambar dalam rangka pemilu tahun 2024 itu kesepakatan.

5) Jikalau memang kita anggota TNI yang berada di wilayah mendapatkan perintah dalam keterlibatan terlebih dahulu kita wajib melakukan koordinasi dengan petugas Parpol yang ada di wilayah masing-masing dan di laporkan kepada pimpinan sehingga tidak ada lagi permasalahan anggota di lapangan. 

6) Kita sebagai anggota TNI harus menujukan ke Netralitas kita dan apa bila ada anggota TNI yang ingin mencalonkan diri sebagai legislatif sesuaikan dengan aturan yang ada untuk di proses lebih lanjut. 

7) Harapan saya sebagai Panglima Kodam untuk anggota jangan pernah mesa takut atau ragu ragu  selama anggota melakukan itu sesuai dengan prosedur yang ada tertentunya  saya sebagai Panglima Kodam bertanggung jawab. 

D. Ada beberapa penekanan khusus Sesuai dengan perintah Panglima TNI ada 11 larangan bagi prajurit TNI dalam pemilu 2024 di seluruh Indonesia :

1. Memberikan pengarahan tentang kontestasi pemilu & pilkada kepada keluarga atau masyarakat

2. Berada di tempat peyelenggaraan pemilu & pilkada

3. Menyimpan & menempel atribut peserta pemilu & pilkada di instansi & peralatan milik TNI.

4. Berada di arena tps saat pelaksanaan pemungutan suara

5.Terlibat dalam menyukseskan kandidat tertentu termasuk memberi bantuan apapun di luar tugas & fungsi TNI.

6. Melakukan tindakan atau pernyataan yang mempengaruhi keputusan kpu & panwaslu

7. Menyambut & mengantar peserta kontestan

8. Menjadi anggota kpu, panwaslu panitia pemilih, panitia pendaftaran, peserta & juru kampanye.

9.Terlibat dalam menentukan penetapan peserta pemilu baik perorangan atau kelompok partai. 

10. Memobilisasi organisasi kepentingan calon tertentu. 

11.Melakukan tindakan atau pernyataan yang mempengaruhi KPU

E. Pada pukul 10,00 wita seluruh Rangkaian kegiatan Jam pimpinan lewat Vidio Konferensi dengn seluruh instansi Militer TNI AD di kodam IX Udayana berakhir dengan aman dan Tertib. 

II. Pendapat Pelapor :

1. Panglima Kodam IX Udayana bapak Mayjen TNI Harfendi S.I.P.,M. Sc Menghibau kepada para Dansat di seluruh jajaran Kodam IX Udayana agar Benar-benar di Pedomani tentang aturan aturan untuk menghadapi Pemilu tahun 2024 dan tetap tunjukkan sikap Netralitas sebagai TNI. 

2. Agar anggota di lapangan memahami tugas dan fungsi sebagai APKOWIL agar tidak ada yang mencoba untuk melibatkan diri secara langsung tampa ada perintah atau arahan dari pimpinan tandasnya.!.(*zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar