res

Sedekah Laut Satu Suro Senin 08-07-2024 Sederhana - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Atas Dilantiknya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI

Breaking

12 Juli 2024

Sedekah Laut Satu Suro Senin 08-07-2024 Sederhana



DIY Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com - Sedekah laut pantai Ngrenehan Saptosari Gunungkidul yang dilaksanakan pada hari Senin kemarin diakui oleh penonton kurang menarik perhatian. Karena dilihat dari jumlah pengunjung sedikit dibanding tahun 2023 kemarin. 

Pada sedekah laut tahun 2024 yang dilaksanakan tepat tanggal Satu Suro itu dirancang sesuai jadwal sekali dilaksanakan tiap tahun. Namun walau hal itu masuk agenda tahunan bagi rombongan kelompok nelayan pelaksanaanya tidak selalu memuaskan. Karena menurut kabarnya kehidupan panas dingin nelayan tidak selamanya dilaut itu berhasil baik. Kadangkala nelayan rugi, untung dan kadang impas. Demikian dipaparkan pengunjung sedekah laut seputar hasil nelayan.

Saat labuhan Sedekah Laut Ngrenehan tidak berhasil menemui ketua nelayan dan ketua panitia. Hanya ketemu satu pamong kalurahan, itupun tidak berhak mengutarakan statement berkait sedekah laut.

Termasuk aneh bagi wartawan acara tersebut tidak didukung SDM yang selaras besarnya dan pentingnya acara.

Ketua nelayan malah sakit, ketua panitia pergi. Suasana jadi beda dengan di masa lurah Mujiyanto, atau lurah Santoso. 

Penulis tidak tahu hal apa tentang Sedekah Laut Ngrenehan seperti janggal, artinya tidak kurang semangat dibanding kala meminta jalan besar menuju pantai. Saat ini jalur jalan besar dari Saptosari ke Ngrenehan sudah terealisasi, ternyata analisa penulis, itu kurang disambut penonton Labuhan Ngrenehan. Penyebab lain belum diketahui tentang pengunjung atau penonton atau wisata bersamaan sedekah laut itu.

Namun demikian para pejabat tetap berharap pantai Ngrenehan beserta para kelompok nelayan semakin baik kehidupanya dengan hasil nelayan itu.

Sibuknya acara sedekah laut jadi ribetnya para pejabat, sehingga harus berlari pindah tempat seputar pantai indah lainya dalam acara tersebut. Tahun depan, hal itu tentang Sedekah Laut Ngrenehan digelar lebih baik, walau kali ini dilengkapi seni jatil, reyog, wayang kulit maupun dangdut istimewa dengan penyiar atau MC ganteng dan penyanyi Campur Sari yang cantik. ( Si/Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar