res

Desa Soro Canangkan Peralihan Program Penguatan Edukasi Wilayah Konservasi Wisata Hiu Paus Teluk Saleh - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Dirgahayu HUT Kemerdekaan RI ke 79

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Cukai Rokok Naik Demi Kesehatan Masyarakat dan Lindungi Generasi Muda

21 September 2024

Desa Soro Canangkan Peralihan Program Penguatan Edukasi Wilayah Konservasi Wisata Hiu Paus Teluk Saleh



Dompu-Cakrawalaonline, Desa Soro Kecamatan Kempo Kab.Dompu NTB, dipimpin oleh Patuwari SE, melakukan pencanangan program edukasi pengawasan wisata hiu paus pada tahun 2025, mendatang kenapa harus Desa Jambu Terus Kab. Sumbawa, maka kades Patuwari SE, harapkan dukungan pemerintah Daerah dan propinsi untuk realisasinya wisata hiu paus di Desa Soro, masyarakat juga harus menikmati wisata hiu paus handelnya, dan dapat difasilitasi dengan alat transportasi bagang ungkapnya.  

   Alur cerita seluruh Indonesia bahwa hius paus berada di Indonesia Timur yakni Papua, Flores pulau Bajo dan teluk saleh NTB. 

    Setelah di uji coba bahwa habitat hewan ikan paus diteluk saleh relatif banyak sudah mencapai 110 ekor kata Iwan dan Azmi LSM peduli pengawasan dan pendampingan laut teluk Saleh kepada wartawan mengatakan Sabtu 21-9-24. 



   Ikan paus diteluk saleh saat ini berada di lokasi air kedalaman sampai 150-250 , kemudian hewan jinak itu mengelilingi sekitar arenal Nisa pudu ketimurnya Nanga tumpu Soro dan hoo,do pada tahun musim hujan ujarnya.

     Iwan mengatakan keberadaan wisata hiu ini sejak tahun 2017 lalu. Maka desti nasi wisata berikutnya tahun 2025. Kami atasnama masyrakat dapat menghadirkan wisata hiu paus di desa Soro harapnya.

     Desa Soro salah satu Desa yang memiliki potensi wisata dapat menghadirkan desa imbas yakni Desa Soro barat ,Tolokalo , soritatanga diropeti dan pekat.

   Kades Soro Patuwari SE dan Iwan pelaku usaha wisata dan pengawasan laut teluk mengikuti rapat kerja di Pemda Dompu, bersama forkopimda Dompu, m kemaren, mengatakan kepada wartawan agar bisa memberikan fasilitas Spik bot, untuk pengawasan laut dan reklamasi laut di sekeliling pantai ujarnya..

Berbicara masalah Keberlangsungan Sosialisasi dan Penguatan Edukasi Wilayah Konservasi dan Wisata Hiu Paus Teluk Saleh, Jumat (20/9/2024).


Kegiatan itu bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Indonesia.

Perikanan Prov NTB dalam hal ini diwakili Ruspono, S. Pi,dan turut hadir dalam kegiatan ini antaralain Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Amiruddin, S. Hut.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Dompu, Muhammad Syafi'i, S. Pi, Camat Kempo Drs. Budi Rahman, Camat Pekat Nur Aini S.Pd, dan Kades Soro Patowari SE.


Sosialisasi dan penguatan edukasi wilayah konservasi dan wisata hiu paus teluk saleh bekerja sama dengan yayasan konservasi indonesia adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berada di sekitar Teluk Saleh, maka Pemda Dompu dapat melakukan Sosialisasi di tingkat Kecamatan dan Desa Soro khusunya.(Zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar