res

Harga Kol Anjlog, Dispertan ''Gercep'' Bantu Petani - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Dirgahayu HUT Kemerdekaan RI ke 79

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Harga Kol Anjlog, Dispertan ''Gercep'' Bantu Petani

19 Oktober 2024

Harga Kol Anjlog, Dispertan ''Gercep'' Bantu Petani

 



Pemalang - Cakrawala Online, Harga Komoditas beberapa sayuran di Kabupaten Pemalang, mengalami Penurunan Harga yang cukup Signifikan.


Hal ini membuat Petani Sayuran ''menangis''.


Komoditas Sayuran yang mengalami penurunan harga sangat Draktis yakni Kubis atau Kol.


''yang harganya Anjlog adalah Kubis atau Kol, nyampe Rp 200-300ribu dari harga normalnya sekitar Rp 2.000-3.000ribu,'' Ungkap Iing Winarno, Kabid. Tanaman Pangan, Buah, dan Holtikultura pada Dispertan Kabupaten Pemalang.


Dengan kenyataan yang ada, dimana khususnya harga Kol Anjlog, menurut Iing, pihaknya ''Gercep'' mendatangi dan membantu para Petani Holtikultura yang harga Komoditasnya turun bahkan ada yang Anjlog seperti Kubis(Kol).



''Dengan Inisiatif kami, sesuai arahan pak Kadis(Kadispertan; Prayitno), kami langsung membeli hasil panen mereka(Petani) dengan harga kami serahkan pada mereka, yang penting Petani tidak rugi,'' Ujar Iing sambil menambahkan pihaknya juga minta tolong pada para petani untuk mengemas sayuran seperti; Kubis(Kol), Wortel, Tomat, Bawang Daun(Tropong), dan Seledri kedalam Satu Kantong dengan harga Rp 5.000/Paket(Kantong).


''Harga per paketnya juga yang menentukan mereka(Petani), bagi kami yang penting Petani tidak rugi,'' Tandas Iing yang saat diwawancara didampingi Sekretaris Dispertan; Ahmad Helmi.


Ketika ditanya menggenai Anggaran yang digunakan untuk membeli(memborong) hasil panen Petani yang harganya ''Merosot'', Iing mengungkapkan bahwa uang yang dipakai membantu Petani merupakan uang pribadi masing-masing Pegawai Dispertan sendiri, seperti dari Kadispentan, Sekdin, para kabid, dan semua Pegawai Dispertan.


''Karena memang sebenarnya tidak ada anggaran khusus untuk itu,'' Ucap Iing.


Waktu ditanya mengenai jumlah Paket Sayuran yang disediakan Dispertan, Iing menjawab bahwa pihaknya semula menyediakan 600 paket, namun karena masyarakat sangat Antusias, pihaknya menambah jumlah Paket Sayuran lagi.


''Total kurang lebih Seribu Paket Sayuran kami sediakan,'' Sebut Iing sambil menyatakan pihaknya akan terus membantu Petani Sayuran sampai harga Komoditas tersebut normal kembali.


''Kami akan terus membantu Petani Sayuran khususnya sampai harga Sayuran yang tadinya Anjlog bisa normal kembali, misalnya harga Kubis atau Kol minimal Rp 2.000,'' Pungkas Iing.



*(Reporter: slametsbl)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar