res

Pjs. Bupati Dompu jadi Pembina Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tingkat Kabupaten Dompu - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Atas Dilantiknya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI

Breaking

28 Oktober 2024

Pjs. Bupati Dompu jadi Pembina Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tingkat Kabupaten Dompu



Dompu-Cakrawalaonline, Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tingkat Kabupaten Dompu  berlangsung di lapangan Beringin , Senin (28/10/24).


Baiq Nelly Yuniarti, Ap. M.Si. Penjabat Sementara Bupati Dompu bertindak sebagai Pembina upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo.


Dalam amanatnya Pjs. Bupati Dompu dalam sambutannya mengatakan bulan pemuda dan peringatan hari sumpah pemuda 2024 ini berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa Indonesia dalam mewujudkan target-target pembangunan jangka menengah sebagai landasan pencapaian target pembangunan jangka panjang 2045, yaitu terwujudnya Indonesia emas yang bercirikan kemajuan dan kesejahteraan yang makin tinggi, serta kiprah bangsa indonesia yang lebih kuat dalam kancah global


Momentum ini merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian lebih besar kepada agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek pembangunan maupun sebagai objek pembangunan. sebagai subjek pembangunan, sebagian pemuda Indonesia telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam beragam sektor pembangunan nasional, bahkan pada agenda SGDS (Sustainable Development Goals) perserikatan bangsa-bangsa yang merupakan agenda global. pada sebagian yang lain, pemuda indonesia masih membutuhkan layanan pemberdayaan untuk membangun potensi yang masih terpendam hingga potensi tersebut menjadi kekuatan dalam kepemimpinan, kepeloporan, dan kewirausahaan.


Harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam pembangunan nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan. hasil pencapaian ini dapat dikenali dari capaian indeks pembangunan pemuda atau IPP. sebagai indikator kualitas kepemudaan, pada tahun 2024 indeks pembangunan pemuda berada pada 56,33 persen, dengan rincian capaian:


Domain pendidikan: 70,00 persen,

Kesehatan dan kesejahteraan: 65,00 persen,

Gender dan diskriminasi: 53,33 persen,

Lapangan dan kesempatan kerja: 45,00 persen,

Partisipasi dan kepemimpinan: 43,33 persen.


Capaian IPP tersebut perlu ditingkatkan dengan mengembangkan potensi dan keunggulan pemuda secara besar-besaran di seluruh wilayah indonesia. seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, masyarakat, dunia industri, perguruan tinggi, maupun media, harus bergerak secara sinergis, terpadu, dan holistik sehingga terbangun ekosistem pelayanan kepemudaan yang inovatif yang mendukung bertumbuh-kembangnya kepemudaan yang maju, berkarakter kebangsaan, dan berdaya saing.


Oleh karena itu sungguh tepat, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2024 ini mengangkat tema “Maju Bersama Indonesia Raya”. Tema ini menyampaikan pesan kepada kita semua untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi indonesia yang raya, besar, dan sejahtera. upaya ini dilakukan secara bersama, simultan, sinkron, dan terkoordinasi dengan baik, baik di tingkat pusat maupun daerah.


Diakhir sambutannya Pjs. Bupati Dompu mengatakan Peran pemerintah daerah sangat penting untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan. peran ini diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan, serta diwujudkan dalam bentuk rencana aksi daerah (RAD) layanan kepemudaan yang berorientasi pada peningkatan ipp dan disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. oleh karena itu, setiap upaya memperbaiki kebijakan kepemudaan di tingkat daerah patut mendapatkan penghargaan setinggi-tingginya, karena hal ini akan berdampak pada perluasan cakupan pelayanan kepemudaan hingga tidak ada satu pun pemuda yang tidak mendapatkan pelayanan.


Upacara berlangsung Khidmat, Tertib dan lancar adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara Muhammad Iradat, S.Gz., Pemimpin Upacara Dwi Rizky Ramadhan, Pembaca Undang-undang Dasar 1945 Bing Novia Riska Widiadari, S.Pwk., Pembaca Kongres Pemuda 1928 Hendar Muslim Saputra, Pembaca Doa Syarifudin, M.Pd., Petugas Pengibar Bendera anggota Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Dompu dan Paduan suara dari SMA Negeri 1 Dompu *(zu)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar