res

Pjs Bupati Dompu Melalui Kegiatan MIO, Ngobrol Pilkada, Tegaskan Netralitas ASN - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Atas Dilantiknya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI

Breaking

02 Oktober 2024

Pjs Bupati Dompu Melalui Kegiatan MIO, Ngobrol Pilkada, Tegaskan Netralitas ASN



Dompu-Cakrawalaonline, Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Dompu,Baiq Nelly Yuniarti, AP, M.Si memberikan dukungan luar biasa terhadap rencana kegiatan Ngobrol Pilkada Tahun 2024. 


Dukungan tersebut disampaikan Pjs Bupati ketika menerima kunjungan silaturahmi pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Media Independen Online (MIO) Indonesia Kabupaten Dompu, bersama panitia di ruang kerja Bupati, Selasa (01/10/2024). 


Kegiatan yang akan dilaksanakan 

dalam waktu dekat ini, juga mendapat dukungan dari Ketua Sementara DPRD Dompu H Andi Bachtiar A.Md, Par, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Bagian Umum Setda Dompu dan sejumlah pihak lainnya. 


Usai mendengarkan penjelasan dan paparan singkat dari Ketua DPD MIO Indonesia Kabupaten Dompu, Sarwon Al Khan, Pjs Bupati Dompu memberikan penilaian bahwa rencana kegiatan tersebut sangat bermanfaat, khususnya daerah dan masyarakat dalam menyosong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).


"Kami sebagai pemerintah daerah mendukung dan apresiasi rencana kegiatan MIO," ujar Pjs Bupati Dompu, Baiq Nelly Yuniarti AP, M.Si, didampingi Kabag Prokopim Setda Dompu, Yani Hartono SE.  


   Pjs Bupati, menuturkan peran media sangat luar biasa dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat melalui pemberitaan. Khususnya, menyosong pesta demokrasi. "Kami pemerintah siap menghadiri kegiatan tersebut," jelasnya. 


Selain itu, peran dan pengawasan media dalam proses dan tahapan pesta demokrasi, juga menentukan terwujudnya pemahaman dan kesadaran masyarakat, terutama dalam menciptakan suasana aman dan damai. "Media harus tetap menjadi garda informasi untuk mengajak masyarakat mensukseskan Pilkada," terangnya. 


Selain soal Pilkada, peran media juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kehidupan masyarakat di Bumi Nggahi Rawi Pahu. "Melalui pemberitaan, masyarakat bisa mengetahui tentang dan seperti apa kondisi daerah ini," katanya. 


Pada momentum ini, Pjs Dompu sempat membahas mengenai kondisi Kabupaten Dompu. Khususnya, mengenai kejadian pemblokiran (penutupan) jalan yang sebelumnya beberapa hari lalu oleh sekelompok masyarakat dan lainnya. Baiq Neli Yuniarti mengatakan penutupan jalan sangat merugikan para pihak termasuk penggunaan jalan. "Saya benar benar prihatin terhadap kondisi daerah ini," jelasnya lagi. 


Lantas, apa kaitannya media dengan aksi penutupan jalan yang dilakukan sekelompok masyarakat?


Tambah Pjs Bupati, perilaku atau kesadaran masyarakat melakukan aksi semacam itu (penutupan jalan), juga disebabkan oleh pemberitaan-pemberitaan media berkaitan dengan aksi pemblokiran jalan.


Kalau pun bisa diminta, media janganlah mengangkat pemberitaan-pemberitaan mengenai kejadian penutupan jalan dan lainnya. Sebab, berita berkaitan itu akan memberikan pengaruh luar biasa untuk masyarakat, khususnya para generasi muda. 


"Misalnya berita seperti ini. Minta Polisi Tangkap Pelaku, Masyarakat Blokade Jalan. Nah, berita semacam ini akan memberikan pengaruh dan menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk ikut melakukan aksi tutup jalan. Inilah alasan kenapa saya meminta agar media tidak menulis berita kaitan dengan kejadian seperti itu," terangnya lagi. 


Berangkat dari hal ini, Pjs Bupati meminta kepada rekan-rekan media untuk bersama-sama membantu pemerintah, terutama dalam mensosialisasikan potensi dan kemajuan daerah serta lainnya."Nah, peran seperti inilah yang diharapkan dari teman teman media," tuturnya. 


Apa yang menjadi titik fokus Ibu selama menjadi Pjs Bupati Dompu?


Diakuinya, selama kurun waktu 2 bulan ini yang difokuskan mengenai Netralitas ASN dalam Pilkada 2024."Hal lainnya juga sebagaimana menjadi tugas dan tanggungjawab saya selaku Pjs Bupati Dompu," tegasnya. (Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar